Indonesian Style



Kebudayaan sangat berpengaruh terhadap  kemajuan  sebuah Negara, mari kita amati budaya di sekitar kita. perubahan budaya mulai tampak, budaya yang pada mulanya adalah budaya saling memberi kini berubah menjadi budaya saling mencuri, kasus korupsi menjadi trending topic di negeri ini, ungkapan memberi lebih baik dari pada meminta, kini  berubah jadi ungkapan meminta lebih baik dari pada mencuri, Budaya yang seharusnya menghantarkan negeri ini kepada kebaikan semakin berubah menjadi budaya yang memalukan.

Style yang bercorak ketimuran lebih dianggap sebagai konotasi yang kolot dan tidak mau maju, kebanyakan orang mengartikan kata modern sebagai sebuah kemajuan yang dicapai oleh masyarakat barat, ini terbukti dengan semakin banyaknya konsumsi budaya yang melebihi batas, mulai dari fashion, model baju, model celana, fast food, dimana kebudayaan asli Indonesia yang sangat dibanggakan, seperti kebaya, batik, ketoprak dan wayang kulit menjadi tidak popular lagi.  Propaganda kebudayaan semakin digalakkan bangsa barat , terutama Amerika, siapa yang tidak mengenal amerika, Negara adikuasa dengan segudang prestasi dalam hal kemajuan industri.

Amerika adalah kiblat baru bagi para kawula muda di zaman sekarang ini, Amerika menjadi ikon dan jiwa baru bagi negri ini, mulai apa yang di pakai, apa yang di makan dan apapun yang di populerkan semuanya bergaya Amrik style.  perlahan-lahan budaya Amerika menjadi semakin populer di negeri ini, menjadi hal yang biasa di pakai dan dikonsumsi masyarakat terutama para remaja. Budaya asing kini menjadi wajah baru bagi budaya di Indonesia.

Perlahan-lahan budaya Indonesia mulai pudar, sedikit demi sedikit semakin banyak remaja yang melupakan budayanya, sebenarnya tidak salah jika kita mengadaptasikan sebuah budaya asing ke dalam budaya kita, namun tentu saja yang tidak bertentangan dengan budaya kita sebenarnya atau bahkan semakin menyelenyapkannya.

Ada sebagian orang menganggap Amerika adalah musuh yang harus di jauhi, dihancurkan, dibenci dengan berbagai alasan, ada yang mengatakan bahwa Amerika adalah Negara Adikuasa yang menyalahgunakan kekuasaannya dan adapula yang mengatakan bahwa Amerika adalah Negara penjajah, padahal di Negara Amerika sendiri juga terdiri dengan banyak orang yang berbeda ada yang menjunjung tinggi rasa saling tolong menolong dan juga persaudaraan. Seperti ketika ada Negara yang di landa sebuah bencana, pasti ada beberapa Artis di Amerika mau dengan sukarela memberikan sumbangan.

Sebenarnya Indonesia kaya akan budaya dan juga sumber daya manusia, itu semua tergantung bagaimana cara kita mengelola dan memperkenalkan budaya tersebut. Semakin jarang budaya itu di kenalkan kepada generasi muda maka semakin luntur dan hilanglah budaya tersebut, banyak cara yang bisa digunakan agar budaya asli Indonesia tidak semakin luntur atau bahkan lenyap,  seperti batik yang banyak dipopulerkan, batik yang sekarang makin banyak diminati oleh kalangan muda, hal itu tidak lepas dari daya kreatifitas generasi mudanya. sekarang Ada yang membuat jaket bermotif batik, sandal batik, tas batik dan banyak lagi karya anak negeri yang bermotif batik alias Indonesian style.

Jika Amerika mampu menghipnotis dunia dengan kebudayaan, kenapa kita tidak? kenyataannya kita terkenal sebagai Negara yang memiliki ratusan bahkan ribuan budaya yang melebihi Negara lain. Jika kita sungguh-sungguh mau mengelola dengan serius dan tanpa tendensi negatif, Indonesia pasti bisa bangkit. Mari kita ajak generasi muda kita untuk kembali pada Indonesian Style.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Indonesian Style "

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, saran dan kritik sangat saya butuhkan..oleh sebab itu saya memberi kemudahan dalam kolom komentar ini untuk siapapun tanpa harus verifikasi kata.